RSS Berita

BERITA LAINNYA

JADWAL REMIDI SEMESTER 1 TH 2013/2014...
Ujian Akhir Semester 2013/2014...
Jadwal Ujian...
Elecsa...
Elecsa...
Undangan Temu Alumni Teknik Elektro USD...
Pengabdian Masyarakat :...
Workshop Penulisan Tugas Akhir Semester Gasal 2012/2013...

Info Akademik

JADWAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL 2012/2013 PRODI TEKNIK ELEKTRO FST...
JADWAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2011/2012 TEKNIK ELEKTRO...

CAREER CENTER

Branch Manager,Supervisor
Lowongan Kerja
PT. Teknologi Kode Indonesia
ELECTRICAL ENGINEER
PT TEC Indonesia
Dosen Teknik Elektro
ATMI
Dibutuhkan Engineer
PT. Guna Elektro

Berita

Line Follower Robot “Battle In Line”


Rabu, 10 Oktober 2012 15:43

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HMJTE) Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sanata Dharma pada tanggal 29 September 2012 telah menyelenggarakan Lomba Line Follower RobotBattle in Line untuk tingkat SMA dan SMK. Lomba tersebut diselenggarakan dalam rangkaian acara Paingan Festival di kampus III Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

            Lomba ini pada awalnya hanya diperuntukkan bagi siswa SMA dan SMK wilayah Sleman dan Yogyakarta. Karena animo peserta dari luar wilayah tersebut cukup positif, maka pada akhirnya panitia juga membuka pendaftaran bagi peserta dari luar. Tercatat jumlah peserta sebanyak 26 tim, yang terdiri dari 3 tim dari Gunungkidul, 4 tim dari Gresik, serta 19 tim berasal dari Yogyakarta dan Sleman.

Kegiatan diawali dengan laporan Ignatius Agung Nugroho selaku Ketua Panitia, dilanjutkan sambutan dan pembukaan oleh Kaprodi Teknik Elektro, Petrus Setyo Prabowo, M.T. Juri pada lomba ini adalah Martanto, M.T. dan Ir. Tjendro, M.Kom., keduanya merupakan dosen Program Studi Teknik Elektro, FST, USD, sekaligus pembina Klub Robotika HMJTE-USD.

Pada babak penyisihan, peserta dibagi dalam 4 grup dengan sistem setengah kompetisi. Hasil dari penyisihan grup, 2 tim terbaik masing-masing grup masuk babak perempat final. Panda babak perempat final sampai final, digunakan sistem gugur. Hasil lomba ini adalah sebagai berikut:


Juara/Kategori

Nama Tim

Asal Sekolah

1

Barakuda

SMKN 3 Yogyakarta

2

Sangga Langit

SMKN 3 Yogyakarta

3

Bokuto Suckseed

SMKN 3 Yogyakarta


Berdasarkan catatan dewan juri best lap time dihasilkan oleh robot tim EMGAIN dari MA Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta dengan catatan waktu 4,97 detik.

            Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada masing-masing peserta. Penyerahan piala dan uang pembinaan kepada juara ke-3 diserahkan oleh Ketua Dewan Juri (Ir. Tjendro. M.Kom.), kepada juara ke-2 oleh Kepala Laboratorium Elektronika Kendali TE (Martanto, M.T.) serta juara ke-1 oleh Kepala Laboratorium Komputer Dasar FST (Dr. Linggo Sumarno).

 

 

(hmjte)