RSS Berita

BERITA LAINNYA

JADWAL REMIDI SEMESTER 1 TH 2013/2014...
Ujian Akhir Semester 2013/2014...
Jadwal Ujian...
Elecsa...
Elecsa...
Undangan Temu Alumni Teknik Elektro USD...
Pengabdian Masyarakat :...
Line Follower Robot “Battle In Line”...

Info Akademik

JADWAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL 2012/2013 PRODI TEKNIK ELEKTRO FST...
JADWAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2011/2012 TEKNIK ELEKTRO...

CAREER CENTER

Branch Manager,Supervisor
Lowongan Kerja
PT. Teknologi Kode Indonesia
ELECTRICAL ENGINEER
PT TEC Indonesia
Dosen Teknik Elektro
ATMI
Dibutuhkan Engineer
PT. Guna Elektro

Berita

Pelatihan Elektronika


Senin, 26 September 2011 10:56

Dalam rangka pelaksanaan salah satu darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat, maka Program Studi Teknik Elektro Universitas Sanata Dharma mengadakan Pelatihan PLC (Programmable Logic Controller) dan Mikrokontroler bagi Guru bidang studi/ekstra kurikuler elektronika SMP/SMA/SMK Se-Jawa Tengah pada tanggal 23 September 2011.

Pelatihan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan perkembangan bidang elektro khususnya pengendalian menggunakan PLC dan Mikrokontroler. Para Guru bidang studi/ekstra kurikuler elektronika SMP/SMA/SMK yang mengikuti pelatihan ini dibagi dalam 2 kelas sesuai dengan minat pelatihan yang dipilih oleh para peserta pelatihan.

Pelatihan PLC bertempat di Laboratorium Teknik Kendali dan Instrumentasi sedangkan Pelatihan Mikrokontroler dilaksanakan di Laboratorium Sistem Digital dan Mikrokontroler. Peserta Pelatihan PLC mendapatkan materi Pengenalan Hardware/Software PLC oleh Bernadeta Wuri Harini, S.T., M.T., Diagram Ladder : Gerbang Dasar, Lacth dan aplikasinya oleh Pius Yozy Merucahyo, S.T., M.T., Fungsi Timer dan Counter beserta aplikasinya oleh Ir. Theresia Prima Ari Setiyani, M.T.

Peserta Pelatihan Mikrokontroler memperoleh materi Pengenalan Hardware/Software Mikrokontroler oleh Ir. Tjendro, Aplikasi Input/Output : Saklar, LED oleh Martanto, S.T., M.T., Aplikasi Input/Output : LCD oleh Dr. Ir. Linggo Sumarno, M.T. Dalam melakukan praktek PLC maupun Mikrokontroler, para peserta pelatihan dibantu oleh Dosen Teknik Elektro dan juga Asisten praktikum.